Usia Berapa Sebaiknya Anak Disunat?
Usia Berapa Sebaiknya Anak Disunat?
Kamis, 14 April 2022 15:09 WIB | 997 views
Menurut Integral Medical Center di London, waktu yang tepat bagi anak laki-laki untuk khitan berkisar usia 7-14 hari. Begitupun dengan beberapa agama dan budaya yang menjalankan perintah sunat sebagai kewajiban, contohnya di agama islam yang menyarankan sunat sejak usia 1 pekan atau 7 hari.

Apa alasan yang membuat para ahli medis menyarankan anak disunat pada saat usia bayi? Beberapa ahli mengatakan, pada bayi yang baru lahir sekitar usia 1 pekan atau 7 hari, darah yang keluar saat proses sunat masih sedikit. Selain itu, saat masih bayi, pembentukan sel-sel dan jaringan sedang tumbuh dengan pesat, dan rasa sakit yang dirasakan juga belum terlalu berat. Pada usia bayi, risiko trauma oleh proses sunat juga tidak akan berpengaruh ke depannya bagi anak.

Sebetulnya, sunat bisa dilakukan kapan saja tergantung kesiapan dari orangtua dan anak. Namun, ada beberapa risiko yang mungkin akan dialami anak jika ia baru disunat saat usia yang sudah lebih dewasa, seperti perlunya beberapa jahitan pada kulit penis dan adanya risiko perdarahan ketika sunat.


Tidak semua anak bisa disunat sewaktu bayi
Menyunat anak laki-laki saat masih bayi juga tidak bisa langsung sembarang dilakukan. Kondisi bayi harus sehat, dan kondisi organ vitalnya harus dalam keadaan yang stabil.

Biasanya dokter jarang melakukan sunat untuk bayi di bawah lima tahun untuk alasan medis. Tapi, jika ada kondisi tertentu seperti infeksi pada kelenjar, fimosis, atau terdapat jaringan parut pada kulup penis bayi, barulah bayi disarankan menjalani tindakan sunat.

(sumber: hellosehat.com)


Berikan Komentar Via Facebook