6 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Anak yang Tak Boleh Dikesampingkan
6 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Anak yang Tak Boleh Dikesampingkan
Jum'at, 19 Mei 2023 11:15 WIB | 1.057 views
Anak-anak membutuhkan jam tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini tidak hanya dilakukan pada tidur malam saja namun juga pada tidur siang.

Dilansir dari merdeka.com, penelitian di tahun 2019 mengungkap bahwa tidur siang dapat meningkatkan mood dan performa anak-anak. Peneliti dari University of Pennsylvania dan University of California Irvine menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kemampuan anak-anak dalam mengendalikan diri serta meningkatkan perilaku dan IQ mereka.

Sejumlah manfaat positif bagi tidur siang menjadikan hal ini seharusnya tidak ditawar-tawar. Kurang tidur siang justru bisa menyebabkan anak menjadi rewel terutama ketika mereka merasa kurang tidur.

Tidur siang sangat penting bagi anak-anak karena dapat memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan, perkembangan, dan kesejahteraan mereka. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah alasan mengapa penting bagi anak untuk tidur siang.
 
  • Meningkatkan Kesehatan
Tidur siang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, menjaga keseimbangan hormon dan menurunkan risiko terkena penyakit. Tidur siang dapat membantu anak tetap bugar dan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
 
  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Tidur siang dapat membantu anak untuk memperbaiki ingatan dan meningkatkan konsentrasi. Hal ini penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan anak untuk belajar.
 
  • Meningkatkan Keseimbangan Emosional
Tidur siang dapat membantu anak mengatasi stres, kelelahan dan kegelisahan. Kondisi ini sangat ideal untuk meningkatkan keseimbangan emosional dan kesejahteraan mental.
 
  • Meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan
Tidur siang dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel tubuh anak. Kondisi ini bisa membantu memperbaiki dan meningkatkan perkembangan otak dan sistem saraf.
 
  • Menjaga Energi
Tidur siang dapat membantu anak untuk memulihkan energi mereka dalam beraktivitas. Hal ini bisa membuat mereka kembali bugar dan siap untuk beraktivitas lebih lanjut.
 
  • Mencegah Gangguan Tidur Malam
Tidur siang dapat membantu mencegah gangguan tidur malam dan membantu anak untuk tetap merasa segar dan bugar selama aktivitas mereka di malam hari. Pastikan saja anak juga bangun pagi dan tidak tidur siang terlalu sore dan lama agar tidak mengalami masalah ini.



Tidur siang yang cukup dan tepat pada anak sangat penting bagi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangannya. Sebaiknya orang tua mengatur jadwal tidur siang anak dan memastikan mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.


Berikan Komentar Via Facebook