10 Tips Cerdas Agar Anak Anda Mendengarkan Anda
10 Tips Cerdas Agar Anak Anda Mendengarkan Anda
Jum'at, 05 Agustus 2022 13:56 WIB | 1.622 views

Apa saja tips cerdas agar anak mau mendengarkan perkataan orang tuanya dengan baik? Yuk simak penjelasannya!

Berikut 10 Tips Cerdas Agar Anak Anda Mendengarkan Anda:

1. Naik ke Level Mereka
Jangan mulai berbicara sampai Anda mendapatkan perhatian penuh anak Anda. Berlututlah di depannya dan lakukan kontak mata saat mengajukan permintaan Anda.

2. Tawarkan Pilihan
Anak-anak tidak ingin diberi tahu apa yang harus dilakukan sepanjang waktu jadi selalu berikan mereka dua pilihan untuk mereka pilih sehingga mereka akan tahu bahwa mereka mengendalikan situasi.

3. Gunakan Lebih Sedikit Kata
Anak-anak membutuhkan kalimat pendek dan sederhana yang menawarkan instruksi atau perintah langsung.

4. Pastikan Pemahaman
Bicaralah dengan anak Anda pada tingkat yang dia mengerti.

5. Mengatur Rutinitas
Penting bagi Anda untuk menetapkan serangkaian rutinitas untuk anak Anda. Mereka akan bangga mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan dan melakukannya sendiri tanpa Anda mengomel.

6. Dengarkan
Memiliki komunikasi keluarga yang baik dan mendengarkan secara aktif dapat melakukan beberapa hal untuk mendorong anak Anda untuk mendengarkan dengan baik.

7. Masuk ke Ruang Mereka
Tunjukkan rasa hormat kepada mereka ketika Anda meluangkan waktu untuk mendengarkan kekhawatiran mereka, dan akan lebih mudah bagi mereka untuk menunjukkan rasa hormat kembali ketika mereka merasa dihormati.

8. Terlibat Kerjasama
Anak-anak perlu melihat pentingnya mengikuti petunjuk. Misalnya: “Ketika Raihan telah menyelesaikan tugas sekolah, Raihan bisa bermain dengan mainan Raihan”.

9. Gunakan Bahasa Positif
Anak-anak merespon lebih baik terhadap instruksi langsung yang memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan daripada apa yang tidak bisa dilakukan.

10. Penguatan Positif
Ketika anak Anda mengikuti arahan Anda, berikan konsekuensi positif untuk memperkuat perilaku seperti pujian atau hadiah kejutan sesekali.



Sumber:
helengauthor.com (diedit)



Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan