Tanya Dokter: Gejala Luka Sunat Anak yang Mengalami Infeksi
Tanya Dokter: Gejala Luka Sunat Anak yang Mengalami Infeksi
Selasa, 17 Januari 2023 11:11 WIB | 89 views

Pertanyaan:
"Anak saya laki-laki usia 5 tahun dok, pekan lalu baru dilakukan tindakan sunat, nah luka sunatnya ini belum kering, kadang juga berair, apakah ini merupakan ciri luka sunat yang mengalami infeksi dok?"

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya.

Setelah sunat, akan mengalami rasa tidak nyaman pada bekas sunat serta nyeri. Umumnya luka yang ditimbulkan dapat sembuh dalam waktu 10 hari. Namun, dapat bervariasi bisa antara 7 sampai 14 hari. Selama proses pemulihan luka sunat, terdapat perubahan pada luka yang normal yaitu berupa ujung kepala penis menjadi kemerahan, bengkak selama 3-4 hari. Namun terkadang juga dapat terjadi infeksi misalnya karena adanya infeksi bakteri akibat kurang bersih, terkena iritasi, dan.

Bila terjadi infeksi terdapat ciri dimana keluar darah lebih banyak, kepala penis tampak kebiruan hingga kehitaman, bengkak hebat, sulit buang air kecil, demam tinggi, luka sunat kemerahan, muncul lepuhan hingga nanah, serta luka tidak kunjung kering setelah 2 pekan disertai nyeri hebat. Pada kondisi tersebut maka perlu memeriksakan ke dokter kembali yang melakukan sunat. Bila saat ini keluhan luka belum kering belum sampai sepekan maka dapat ditunggu hingga sepekan. Bila keluhan bertambah berat seperti nyeri hebat, bengkak, hingga sulit kencing maka sebaiknya segera memeriksakan ke dokter.

Terima kasih, semoga membantu.


Dijawab oleh:
dr. Riska Larasati



(sumber: alodokter.com #edited)



Berikan Komentar Via Facebook