Sayangi Anak, Keponakan & Adik Kita dengan Tidak Membagikan Foto/Video Dirinya di Media Sosial
Sayangi Anak, Keponakan & Adik Kita dengan Tidak Membagikan Foto/Video Dirinya di Media Sosial
Rabu, 30 Maret 2022 13:40 WIB | 624 views
Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu anhu, Nabi Shallallahu alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Sebab paling banyak yang menyebabkan kematian pada umatku setelah takdir Allah adalah ain”
(HR. Al Bazzar dalam Kasyful Astar [3/ 404], dihasankan oleh Al Albani dalam Shahih Al Jami no.1206).

Apa itu Ain?
"Ain adalah pandangan seseorang terhadap sesuatu yang dianggap bagus disertai dengan kedengkian yang muncul dari tabiat yang jelek sehingga mengakibatkan bahaya bagi yang dipandang." (Fathul Bari, 10/210)

Adapun tanda terkena gangguan ain, Syaikh Abdul Aziz As-Sadhan hafidzahullahu Taala berkata, “Tanda-tanda (ain) berikut ini, jika bukan karena penyakit jasmani (penyakit medis), maka umumnya dalam bentuk:

Sakit kepala yang berpindah-pindah; pucat di wajah; sering berkeringat dan buang air kecil; nafsu makan lemah; mati rasa, panas atau dingin di anggota badan; “deg-degan” di jantung (detak jantung yang cepat dan tidak beraturan, pen.); rasa sakit yang berpindah dari bawah punggung dan bahu; bersedih dan merasa sempit (sesak) di dada; berkeringat di malam hari; perilaku (emosi) berlebihan, seperti ketakutan yang tidak wajar; sering bersendawa, menguap atau terengah-engah; menyendiri atau suka mengasingkan diri; diam atau malas bergerak; senang (terlalu banyak) tidur; adanya masalah kesehatan tertentu tanpa ada sebab-sebab medis yang diketahui.
Tanda-tanda tersebut atau sebagiannya bisa ditemukan tergantung pada kuat atau banyaknya ain.” (Ar-Ruqyah Syariyyah, hal. 10)

Sayangi diri, keluarga, dan buah hatimu dengan tidak memajang fotonya di sosmed, karena kita tidak pernah tahu siapa orang yang memandang dengan pandangan hasad yang dapat menyebabkan penyakit ain.
Bahkan dengannya juga orang-orang yang memiliki hati yang rusak bisa saja melakukan sihir lewat foto yang ada. wallahu alam..

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi shalah adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik menjadi harapan.” (QS-Al Kahfi:46)

Wallahu alam, semoga bermanfaat.
@salaf.ittiba

(by: ummusza)


Berikan Komentar Via Facebook