Musim Hujan, Awas Anak Kena Flu
Musim Hujan, Awas Anak Kena Flu
Jum'at, 02 Desember 2022 14:18 WIB | 58 views

Musim hujan telah tiba. Flu bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Dampak flu tidak hanya menyebabkan demam pada anak. Tapi juga dapat membuat anak tidak masuk sekolah karena harus beristirahat, sehingga sangat besar kemungkinan ketinggalan pelajaran. Orang tua dapat mencoba melindungi anak dari virus penyebab flu dengan mengajarkan beberapa kebiasaan hidup sehat.

Jika terserang flu, biasanya anak akan merasakan pusing, lelah, otot terasa ngilu, demam, tenggorokan tidak nyaman, hidung tersumbat, keringat dingin, atau batuk. Flu dapat disebabkan oleh virus yang menyebar melalui percikan ludah saat bersin, batuk, atau bahkan ketika sedang bicara.


Berikut ini adalah beberapa cara yang orang tua bisa lakukan untuk menjaga kesehatan anak selama musim hujan.

1. Cuci Tangan
Risiko tertular flu akan semakin besar apabila anak tidak mencuci tangan, karena virus dapat masuk ke dalam tubuh saat anak menyentuh hidung atau memasukkan tangan ke mulut.

2. Bersin Menggunakan Siku
Jika sedang bersin, biasanya Anda akan menutup hidung dan mulut dengan kedua telapak tangan secara otomatis. Mulai sekarang, ajarkan anak Anda untuk menutup mulut dan hidung menggunakan lipat siku, agar telapak tangannya tidak terkontaminasi virus.

3. Pakai Masker
Masker harus menutup sempurna bagian mulut dan hidung. Anjurkan anak menggunakan masker ketika sedang berada di dekat teman yang terkena flu, juga saat di jalan atau di tengah keramaian.

4. Hati-hati Berbagi Makanan
Berbagi adalah hal yang baik. Tapi, ingatkan anak untuk tidak berbagi minuman, makanan, atau peralatan makan yang sudah menyentuh mulut. Hal ini bisa menjadi sarana penyebaran virus dan bakteri dari satu anak ke anak yang lain.

5. Gunakan Cairan Pembersih Tangan
Cairan pembersih tangan bisa membantu membersihkan tangan dari kuman pada saat-saat tertentu. Agar maksimal, gunakan cairan pembersih yang berbahan dasar alkohol dan gosok-gosokkan pada tangan selama 30 detik. Namun, jangan berikan pada anak berusia di bawah 6 tahun.


Itulah beberapa cara yang orang tua bisa lakukan untuk menjaga kesehatan anak terutama flu selama musim hujan.

Semoga bermanfaat!



(sumber: alodokter.com & suaramuslim.net #edited)



Berikan Komentar Via Facebook