Melawan Penyakit pada Anak dengan 5 Kebiasaan Alami!
Melawan Penyakit pada Anak dengan 5 Kebiasaan Alami!
Jum'at, 02 Februari 2024 11:35 WIB | 662 views

Akhir-akhir ini banyak masyarakat Indonesia yang mengalami sakit seperti gejala tifus, demam berdarah (DBD), batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan berbagai penyakit lainnya yang hampir sama dialami kebanyakan orang.

Hal itu bisa terjadi mungkin karena salah satunya adalah pergantian dari musim panas ke musim penghujan. Tak hanya itu, pola hidup yang kurang sehat juga bisa mempengaruhi kesehatan atau daya tahan tubuh seseorang, khususnya anak-anak yang rentan sakit.


Berikut ini dilansir dari laman Parenting Indonesia terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak secara alami:

1. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah, khususnya yang mengandung vitamin C
Vitamin C berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan virus. Rutin mengonsumsi buah dan sayur juga dapat memberikan perlindungan dari penyakit kronis di masa dewasa.

2. Menjaga pola tidur yang cukup
Seperti halnya orang dewasa, anak-anak yang kurang tidur cenderung lebih sulit untuk sembuh. Durasi tidur yang dibutuhkan berbeda untuk setiap tahap perkembangan, mulai dari 18 jam sehari untuk bayi baru lahir, 12-13 jam untuk balita, hingga 10 jam untuk anak prasekolah.

3. Melibatkan anak dalam olahraga secara teratur
Hal ini dapat meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh. Mengajak anak untuk beraktivitas fisik bersama, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang, dapat membuatnya senang berolahraga.

4. Menanamkan kebiasaan mencuci tangan sebagai tindakan kesehatan
Mengajari anak untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, setelah bermain, menyentuh hewan, atau menggunakan toilet, merupakan langkah efektif dalam mencegah penyebaran penyakit.

5. Menjauhkan anak dari paparan asap rokok
Apabila ada perokok di sekitar rumah, disarankan untuk meminta agar mereka tidak merokok di area tersebut. Rokok mengandung lebih dari 4.000 toksin yang dapat merusak atau membunuh sel dalam tubuh. Bagi orang tua yang masih merokok, disarankan untuk berhenti mulai sekarang demi kesehatan anak.

Semoga informasi yang telah disampaikan bermanfaat.



(Foto/Gambar: Ilustrasi anak mencuci tangan/Dok. ?Roman Chekhovskoy/iStockphoto)



Berikan Komentar Via Facebook