Kamu Harus Tahu: Metode-Metode Sunat atau Khitan
Kamu Harus Tahu: Metode-Metode Sunat atau Khitan
Sabtu, 19 Februari 2022 12:06 WIB | 531 views
Sunat atau Khitan yaitu memotong kulup (kulit bagian depan kelamin laki-laki) yang kulup tersebut merupakan tutup kepala zakar supaya kelamin laki-laki tidak mudah terpapar kotoran sisa air seni (kencing) yang menempel di kelamin dalam itu.

Prosedur sunat pada dasarnya bisa dan boleh dilakukan saat anak-anak maupun ketika sudah dewasa. Kini terdapat berbagai macam metode sunat agar proses penyembuhannya lebih cepat, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Ada 4 metode sunat atau khitan yang paling popular yang bisa dipertimbangkan untuk anak bapak atau ibu. Namun, perlu diingat bahwa harga setiap metode sunat atau khitan memiliki kisaran harga atau biaya yang berbeda tergantung dari tempat khitan serta fasilitas yang disediakan.

Berikut metode-metode sunat atau khitan beserta penjelasannya:

1. Metode Klem

Metode sunat ini dilakukan dengan cara memasang alat klem (tabung plastic khusus) di batang penis sesuai dengan ukuran masing-masing pasien.

Setelah itu, kulup  dipotong dengan pisau bedah. Klup akan terpasang pada penis dan dikunci dari luar hingga luka mengering.

Sunat dengan metode klem memiliki kelebihan yaitu tidak menggunakan jahitan dan minim pendarahan. Proses penyembuhan sunat dengan metode klem ini juga berlangsung cepat dan tidak terlalu nyari.

Namun, metode klem ini terbilang mahal dan klem berisiko akan menggantung di penis.


2. Metode Sirkumsisi atau Konvensional

Metode sunat ini dilakukan dengan cara memotong langsung kulup dengan alat potong seperti gunting atau pisau bedah. Teknik sunat ini tidak perlu dibius terlebih dahulu.

Kelebihan dari metode sunat ini yaitu minim risiko dan dapat dilakukan untuk pasien segala usia.

Namun, proses penyembuhan metode sirkumsisi ini lumayan lama dan membutuhkan perawatan di rumah yang lebih saksama.


3. Metode Laser (Electrical Cauter)

Metode sunat ini dilakukan menggunakan besi pemanas elektrik yang ditembakkan ke ujung penis untuk memotong kulup. 

Suhu panas yang dihantarkan dimanfaatkan untuk memotong kulit kepala penis. Jika proses sunat metode lain hanya memakan waktu sebentar, proses sunat dengan metode membutuhkan waktu selama 30-60 menit.

Kelebihan dari metode sunat ini adalah minim jahitan dan pendarahan. Proses penyembuhannya lebih cepat dan perawatannya lebih sederhana. Namun, penis harus tetpa dijahit dan diperban usai sunat.


4. Metode Stapler

Metode sunat ini dilakukan dengan cara menggabungkan metode potong serta jahit dengan alat stapler berbentuk lonceng pada bagian dalam untuk melindungi kepala penis. Dibagian luar terdapat lonceng lainnya, yang memiliki pisau bundar dan berfungsi untuk memotong kulup.

Kelebihan dari metode sunat ini yaitu jahitan lebih kuat dan minim pendarahan. Proses sunat dengan metode stapler membutuhkan waktu singkat, yaitu selama 10-15 menit saja. Akan tetapi, mirip metode klem, harga sunat dengan metode stapler terbilang mahal.


Itulah metode-metode sunat atau khitan yang perlu diketahui. Namun, jika akan melakukan sunat alangkah baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui metode apa yang cocok untuk dilakukan.


Berikan Komentar Via Facebook