Inilah Jawaban dari Keraguan Melakukan Sunat Pada Anak Saat Bayi
Inilah Jawaban dari Keraguan Melakukan Sunat Pada Anak Saat Bayi
Selasa, 02 April 2024 12:02 WIB | 512 views
Pernahkah Anda merasa ragu atau cemas untuk menjalani sunat pada bayi Anda? Anda tidak sendirian. Banyak orang tua mengalami keraguan dan kekhawatiran terkait prosedur sunat pada bayi mereka. Namun, ada jawaban untuk mengatasi keraguan ini. Mari kita bahas lebih lanjut.

1. KEKHAWATIRAN AKAN RASA SAKIT
Salah satu alasan utama orang tua merasa ragu untuk menyunatkan bayi adalah kekhawatiran akan rasa sakit yang mungkin dialami oleh mereka. Namun, penting untuk diketahui bahwa sunat pada bayi umumnya dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal atau ringan, sehingga membuatnya minim rasa sakit.

2. PERASAAN TIDAK NYAMAN DENGAN PROSES BEDAH
Beberapa orang tua mungkin merasa tidak nyaman dengan fakta bahwa sunat merupakan prosedur bedah yang melibatkan pemotongan kulit. Namun, penting untuk diingat bahwa prosedur ini dilakukan oleh dokter yang terlatih dan berpengalaman, sehingga sangat aman dilakukan.

3. KETIDAKPASTIAN TENTANG MANFAAT KESEHATAN
Ada juga orang tua yang merasa ragu-ragu tentang manfaat kesehatan dari sunat pada bayi mereka. Namun, bukti medis menunjukkan bahwa sunat dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih, balanitis, phimosis, dan bahkan beberapa penyakit menular seksual di masa dewasa.

4. ETIKA DAN KEPERCAYAAN PRIBADI
Bagi sebagian orang tua, keputusan untuk menyunatkan anak mereka melibatkan pertimbangan etika dan kepercayaan pribadi. Beberapa mungkin merasa bahwa prosedur ini melanggar hak asasi anak atau tidak sesuai dengan nilai-nilai keagamaan atau budaya mereka.

5. KEKHAWATIRAN AKAN KOMPLIKASI
Takut akan komplikasi selama atau setelah prosedur sunat juga dapat menjadi alasan untuk keraguan. Meskipun risiko komplikasi serius sangat rendah, tidak ada prosedur medis yang sepenuhnya bebas dari risiko. Namun, dengan perawatan yang tepat dan pemilihan dokter yang berkualitas, risiko ini bisa diminimalkan.

6. KURANGNYA INFORMASI YANG MEMADAI
Kadang-kadang, keraguan tentang prosedur sunat pada bayi bisa disebabkan oleh kurangnya informasi yang memadai. Orang tua mungkin tidak sepenuhnya memahami manfaat, risiko, dan prosedur sunat, sehingga menimbulkan ketidakpastian dan kekhawatiran.

7. PENGARUH OPINI MASYARAKAT
Opini masyarakat dan tekanan sosial juga dapat memengaruhi keputusan orang tua tentang sunat. Terkadang, karena adanya pro dan kontra di masyarakat sekitar, orang tua mungkin merasa ragu untuk menyunatkan anak saat masih bayi. Namun, penting untuk diingat bahwa sunat bayi sangat aman dan dapat dilakukan segera setelah bayi lahir, bahkan pada hari ke-7.


Jika Anda memiliki keraguan atau pertanyaan tentang sunat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis terlebih dahulu. Mereka dapat memberikan informasi yang akurat dan membantu Anda menjawab semua keraguan yang Anda miliki sebagaimana dilansir dari laman Rumah Sunat dr. Mahdian.



(Foto/Gambar: Ilustrasi sunat pada bayi/Dok. yoglimogli/iStock)


Berikan Komentar Via Facebook