Baru Merasakan Jadi Orang Tua? Begini Tipsnya #GoodParents
Baru Merasakan Jadi Orang Tua? Begini Tipsnya #GoodParents
Selasa, 12 Juli 2022 14:23 WIB | 1.621 views
Apakah Ayah atau Bunda sahabat khitanan.id baru saja menjadi orang tua? Menjadi orang tua baru terlebih biasa dijuluki "Mamud" dan "Pamud" alias mama muda dan papa muda, tentu menjadi sesuatu yang tidak mudah bukan?

Berikut ini ada beberapa tips parenting dari seorang Psikolog Temi Habibie yang bisa Ayah atau Bunda terapkan. Apa saja? Yuk simak!

1. PERKUAT SALING MEMAHAMI ANTARA SUAMI ISTRI
Pasutri yang baru saja memiliki buah hati, keduanya haruslah memperkuat rasa saling memahami. Sebab, tidak saling memahami antara suami istri sering kali membuat mereka menjadi salah memilih sikap dalam mendidik anak.

2. MENGIDENTIFIKASI KITA TIPE ORANG TUA YANG MANA
Pasutri perlu saling mengenali tipe orang tua seperti apa mereka di depan anak-anak mereka agar mereka dapat mendidik anaknya dengan cara yang tepat.

3. MENGENALI TIPE KARAKTER ANAK
Orang tua yang peduli adalah mereka yang peka dengan kebutuhan emosional anak, sehingga pelu untuk memperhatikan perasaan-perasaan mereka dan melatih mereka untuk mengelola perasaannya dengan baik. Misalnya, ketika anak menangis atau marah-marah, merupakan momen yang penting sekali dimana sang anak ingin dimengerti.

4. BELAJAR DAN BELAJAR
Teruslah belajar dengan membaca buku parenting, atau mengikuti pertemuan yang membahas pengasuhan. Sehingga pasutri terus mengasah keterampilan untuk mendidik anak.

“Ingat, menjadi orang tua, merupakan profesi tanpa pendidikan atau kurikulum khusus dalam sistem pendidikan kita, maka dengan belajar kita berharap makin baik dalam mendidik anak-anak kita,” tutupnya. (Tri)



sumber: hulondalo.id (direvisi)


Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan