8 Tipe Kecerdasan Pada Anak, Dukung Si Kecil Agar Bisa Bereksplorasi
8 Tipe Kecerdasan Pada Anak, Dukung Si Kecil Agar Bisa Bereksplorasi
Jum'at, 16 Juni 2023 11:01 WIB | 573 views
Untuk mendukung pola asuh anak yang tepat agar menjadikan anak yang berprestasi dan dapat mendorong minat anak sesuai dengan apa yang dia mau, orang tua wajib mengetahui 8 kategori kecerdasan anak sesuai dengan bakat alaminya.


Berikut kami rangkum kategori kecerdasan apa saja yang terdapat di setiap anak, melansir dari info temanggung:

1. Kecerdasan Visual-Spasial
Anak dengan kecerdasan visual-spasial memiliki kemampuan untuk berpikir secara abstrak dan sangat lihai dalam memvisualisasikan sesuatu. Mereka yang unggul dalam bidang ini sangat tertarik pada hal-hal yang berupa bentuk dan sudut pandang fisik. Dapat menafsirkan gambar, grafik dan bahan dengan baik serta mengenali sebuah pola dengan mudah membaca peta, menyusun puzzle, menyusun teka-teki, menggambar dan melukis, serta menikmati seni visual.

2. Kecerdasan Linguistik-Verbal
Anak yang memiliki kecerdasan linguistik mengacu pada kemampuan penggunaan kata-kata dengan baik, entah itu saat menulis, membaca, maupun berbicara. Mereka sangat peka dalam menemukan perbedaan arti kata, urutan kata, bahkan ritme dalam sebuah ungkapan. Dapat menjelaskan sesuatu dengan baik, menulis dengan baik, senang membaca, senang menulis dan berinteraksi dengan orang lain, tertarik dengan bahan asing.

3. Kecerdasan Logis-Matematika
Jika anak Anda cenderung mengais suatu hal dalam logika atau senang menganalisis sebuah masalah, bisa jadi anak Anda termasuk dalam tipe kecerdasan Logis-Matematika. Pemilik kecerdasan ini percaya jika pendekar ilmiah bisa memberikan solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan analisis dan hubungan sebab-akibat, senang berpikir dan mengeluarkan ide yang abstrak, senang melakukan eksperimen ilmiah dan mampu membuat argumen yang sesuai penalaran.

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani
Anak dengan kecerdasan kinestetik-jasmani cenderung menyukai aktivitas fisik. Mereka memiliki keterampilan motorik yang baik dan kemampuan fisik yang bagus. Memiliki ketangkasan dan koordinasi tubuh yang baik dan unggul dalam kegiatan fisik seperti olahraga dan menari.

5. Kecerdasan Interpersonal
Anak dengan kecerdasan interpersonal ini disebut juga dengan kecerdasan sosial, mereka pandai dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka juga cukup pandai untuk mengamati perubahan perasaan orang lain. Lebih menyukai komunikasi dan berbincang dengan orang lain, mampu memimpin dan bisa bekerjasama.

6. Kecerdasan Intrapersonal
Berbeda dengan kecerdasan interpersonal yang peka terhadap orang lain, kecerdasan intrapersonal lebih memahami karakter perasaan diri sendiri. Mereka juga dikenal sebagai karakter yang tangguh, kuat, mampu mengontrol emosi, memotivasi diri, konsisten, mampu menganalisis dan merencanakan dengan baik.

7. Kecerdasan Naturalistik
Anak dengan kecerdasan ini sangat senang berbaur dengan alam, baik itu dengan hewan, tanaman atau lingkungan. Biasanya anak dengan kecerdasan ini memiliki keahlian bertahan hidup di alam bebas.

8. Kecerdasan Eksistensial
Anak yang memiliki kecerdasan eksistensial memiliki rasa ingin tahu tentang arti kehidupan, kematian dan realitas hidup. Anak dengan kecerdasan eksistensial punya sensitivitas dan memiliki banyak pertanyaan tentang kenapa kita hidup? Kenapa kita mati? Kita ada apa?


Tidak banyak orang tua yang salah mengarahkan anaknya hanya karena tidak mengetahui tipe kecerdasan yang mana yang dimiliki oleh si buah hati.

Dengan mengetahui tipe-tipe kecerdasan anak semoga dapat membantu orang tua untuk bisa memberikan dukungan dan motivasi sesuai dengan apa yang disukai anak dan memaksimalkan kelebihan apa yang dimiliki sangat buah hati.


Berikan Komentar Via Facebook