6 Aturan bagi Anak yang Berkeinginan Memelihara Hewan di Rumah, Pentingnya Tanggung Jawab
6 Aturan bagi Anak yang Berkeinginan Memelihara Hewan di Rumah, Pentingnya Tanggung Jawab
Jum'at, 15 Desember 2023 14:35 WIB | 857 views

Merawat hewan di rumah dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi anak-anak. Tidak hanya memberikan kebahagiaan, namun juga mengajarkan nilai-nilai tanggung jawab, kasih sayang, dan empati. Namun, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan oleh anak-anak yang berkeinginan untuk merawat hewan di rumah.

Anak perlu diingatkan bahwa merawat hewan melibatkan komitmen dan usaha yang signifikan, dan oleh karena itu, perlu adanya aturan yang jelas bagi mereka yang ingin menjalani pengalaman ini.

Menurut Dr. Hannah King, seorang dokter anak di C.S. Mott Children's Hospital yang dikutip dari Michigan Medicine, orang tua harus mempertimbangkan penyesuaian gaya hidup sebelum memutuskan untuk memelihara hewan.

"Mengasuh hewan tampaknya dapat menjadi bagian yang indah dari masa kanak-kanak, mengajarkan keterampilan hidup yang penting dan memberikan kegembiraan dan persahabatan yang besar bagi keluarga," kata King.


Berikut adalah beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat anak ingin merawat hewan di rumah dilansir dari laman HaiBunda:

1. Kesiapan dan Konsistensi
Jika anak di bawah 4 tahun menunjukkan minat pada hewan peliharaan, disarankan untuk menunggu dan melihat perkembangan minat tersebut seiring waktu. Hal ini penting karena minat anak terhadap hewan mungkin hanya bersifat sementara.

2. Kesediaan untuk Bertanggung Jawab
Anak perlu memiliki tanggung jawab terhadap segala aspek perawatan hewan peliharaannya. Ini termasuk keterlibatan dalam perawatan saat hewan sakit dan membantu membawanya ke dokter hewan.

3. Ajakan Bermain
Anak perlu rutin mengajak hewan peliharaannya bermain untuk mencegah stres dan kebosanan. Aktivitas ini mendukung kesehatan dan kebahagiaan hewan.

4. Perawatan Rutin
Memberikan perawatan rutin, seperti grooming, membantu menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan. Ini mencakup mandi, perawatan bulu, pemeriksaan kuku, dan perawatan telinga.

5. Vaksinasi Sesuai Jadwal
Seperti manusia, hewan peliharaan juga perlu mendapatkan vaksin sesuai jadwal untuk mencegah penyakit berbahaya.

6. Pemberian Makan Teratur
Pemenuhan nutrisi yang tepat melalui pemberian makan secara teratur sangat penting untuk kesehatan hewan peliharaan.


Sebelum mengizinkan anak-anak merawat hewan di rumah, penting untuk berdiskusi terlebih dahulu. Selain itu, orang tua perlu mengingatkan anak akan tanggung jawab dan komitmen yang diperlukan dalam merawat hewan peliharaan. Ingatlah bahwa merawat hewan tidak hanya tentang kebahagiaan, tetapi juga melibatkan kewajiban dan tanggung jawab.



(Foto/Gambar: Ilustrasi anak dan kucing peliharaan/Freepik edited)



Berikan Komentar Via Facebook