5 Tips dari Psikolog untuk Menangani Anak yang Sering Ngambek dan Mengganggu Saudaranya
5 Tips dari Psikolog untuk Menangani Anak yang Sering Ngambek dan Mengganggu Saudaranya
Jum'at, 01 Desember 2023 10:56 WIB | 45 views

Terdapat perbedaan dalam sifat anak-anak usia dini, dimana beberapa di antaranya cenderung mudah marah, menangis, atau bahkan sering mengganggu saudaranya. Menyadari hal ini, orang tua seringkali merasa kesal dan bahkan merasa lebih tenang ketika anak tidak berada di rumah.

Psikolog Yuli Gloria, SE, M.Psi, Psikolog, memberikan pemahaman mengenai respons orang tua terhadap perilaku anak yang cenderung mengganggu. Menurutnya, reaksi marah dari orang tua cenderung membuat anak semakin berteriak, menangis, bahkan menggunakan kata-kata kasar atau tindakan agresif. Pernyataan tersebut dilansir dari laman HaiBunda.


Dalam upaya mengatasi anak yang sering ngambek dan mengganggu saudaranya, Yuli memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan di antaranya sebagai berikut:

1. Mendekatkan diri dengan anak
Ketika anak mengalami fase ngambek, disarankan untuk tidak mengirimnya ke rumah nenek atau keluarga lain. Sebaliknya, orang tua sebaiknya mendekatkan diri dengan memberikan waktu berkualitas bersama anak.

2. Mengajak anak pergi berdua
Orang tua dapat secara rutin pergi berdua dengan anak, melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan di taman atau berbicara mengenai hal-hal positif.

3. Mengingat perilaku baik anak
Dorong orang tua untuk mengingat kembali perilaku baik anak, seperti membantu teman atau memberikan bantuan di rumah. Fokus pada hal-hal positif ini dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak.

4. Menyampaikan rasa bangga
Orang tua disarankan untuk menyampaikan rasa bangga terhadap anak, mencerminkan penghargaan atas perilaku baik yang telah ditunjukkan anak.

5. Meminta maaf tanpa ragu
Sebagai orang tua, penting untuk meminta maaf dengan tulus kepada anak jika pernah bersikap negatif yang dapat menyakiti mereka. Langkah ini membantu memperbaiki hubungan dan mengajarkan pentingnya tanggung jawab.

Dengan menerapkan tips-tips ini, diharapkan orang tua dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan anak yang cenderung sering ngambek dan mengganggu saudaranya.


(Foto/Gambar: Ilustrasi kakak yang suka mengganggu adiknya/Nakita.ID)



Berikan Komentar Via Facebook