5 Kebiasaan yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak
5 Kebiasaan yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak
Selasa, 15 Agustus 2023 11:12 WIB | 113 views
Kesehatan tentunya menjadi hal penting bagi setiap manusia. Entah itu kesehatan jasmani maupun rohani. Seperti pepatah mengatakan, sakit itu mahal. Karena jika seseorang sakit, akan membutuhkan banyak biaya untuk pengobatannya. Maka lebih baik mencegah, daripada mengobati.

Anak-anak lebih rentan sakit daripada orang dewasa, karena daya tahan tubuhnya yang kurang. Maka diperlukan beberapa kebiasaan atau hal untuk mencegah hal itu terjadi.


Dilansir dari laman Parenting Indonesia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, yaitu:

1. Konsumsi sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin C
Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan virus. Selain itu, konsumsi buah dan sayuran secara teratur juga akan melindungi si kecil dari penyakit kronis ketika ia dewasa.

2. Cukup tidur
Seperti orang dewasa, anak-anak yang kurang tidur juga akan lebih susah sembuh. Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur 18 jam sehari, balita perlu 12-13 jam, dan anak prasekolah perlu tidur 10 jam setiap hari.

3. Olahraga teratur
Olahraga teratur bisa meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh. Agar anak menyukai kegiatan olahraga, ajak ia melakukannya bersama Anda, misalnya jalan kaki, bersepeda, atau berenang.

4. Rutin mencuci tangan
Mencuci tangan harus dijadikan kebiasaan sehat. Ajarkan anak mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, atau setelah bermain, memegang hewan, dan memakai toilet.

5. Jauhkan anak dari asap rokok
Bila ada orang rumah yang merokok, minta ia berhenti merokok. Rokok mengandung lebih dari 4.000 toksin, yang bisa mengiritasi atau membunuh sel dalam tubuh. Anda masih merokok? Stop mulai sekarang, ya!


Nah, itulah dia 5 kebiasaan atau hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Semoga informasi tersebut bermanfaat! (Foto/Images: Ilustrasi Kids Eat Fruit and Vegetables - Getty Images)


Berikan Komentar Via Facebook