5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjemur Bayi
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjemur Bayi
Jum'at, 22 Juli 2022 12:55 WIB | 1.624 views
Menjemur bayi telah lama dipercaya mendatangkan begitu banyak manfaat bagi si bayi. Kandungan spektrum sinar biru yang terdapat pada matahari pagi, misalnnya, dapat membantu mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi (baru lahir). Berikut beberapa manfaat lainnya.

Manfaat menjemur bayi:
  • Momen untuk meningkatkan kelekatan antara ibu dan si kecil.
  • Menghirup udara segar di luar rumah bisa membuat bayi lebih sehat.
  • Dengan bantuan sinar matahari, Provitamin D yang ada pada manusia akan diubah menjadi vitamin D. Vitamin D amat baik untuk pertumbuhan tulang.

Nah, siap menjemur bayi? Namun sebelum itu mohon perhatikan 5 hal ini ini  ya Bun!

1. Waktu yang tepat sebelum pukul 08.00, lakukan hanya sekitar 5-15 menit. Berikan pijatan lembut supaya buah hati merasa nyaman sekaligus meningkatkan kelekatan.
2. Poisisi menjemur bayi bisa dengan duduk, sambil digendong, atau jalan-jalan di sekitar rumah.
3. Jika sinar matahari terlalu terik, jemur bayi dari balik jendela namun tetap terkena sinar matahari. Balikkan tubuh bayi setelah 5 menit sehingga tak hanya satu bagian saja yang disinari matahari.
4. Bila bayi terlihat mulai kegerahan, sudahi aktivitas menjemur.
5. Berikan bayi ASI saat sudah selesai berjemur, karena sinar matahari dapat meningkatkan penguapan dari kulit bayi yang menyebabkan dehidrasi.

Wah, ternyata menjemur bayi beberapa saat bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatannya ya Bun. Semoga informasi yang telah disampaikan bisa menjadi inspirasi bagi Bunda untuk si kecil tetap sehat.


Sumber: mybaby.co.id (edited)


Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan