3 Metode Sunat Modern, Minim Rasa Sakit dan Cepat Sembuh
3 Metode Sunat Modern, Minim Rasa Sakit dan Cepat Sembuh
Selasa, 21 Februari 2023 13:47 WIB | 1.191 views

Khitan atau sirkumsisi bisa menjadi proses menakutkan bagi sebagian anak. Padahal sekarang terdapat beberapa pilihan metode sunat modern yang minim rasa sakit dan cepat sembuh. 
 
Tiga jenis metode sunat modern yang akan dijelaskan, telah banyak dipakai oleh tenaga kesehatan yang mengerjakan tindakan medis tersebut.  Pilihan metode sunat modern ini juga semakin diminati pasien karena hanya menimbulkan sedikit rasa sakit dan cepat sembuh setelah dilakukan proses khitan.

Sunat, yang juga dikenal dengan istilah khitan atau sirkumsisi, adalah tindakan pemotongan kulit berupa kulup yang menutupi kepala penis.
 
Karena metode sirkumsisi semakin bervariasi, sebagian orangtua malah menjadi bingung memilih metode mana yang paling baik dan aman untuk sang buah hati. 
 
Dahulu, khitan dilakukan hanya dengan menggunakan metode konvensional. Dalam metode ini kulup langsung dipotong dengan gunting atau pisau bedah. Metode sirkumsisi ini telah digunakan sejak lama dan masih banyak digunakan hingga sekarang. Kelebihan dari metode khitan konvensional yaitu minim risiko, serta bisa dilakukan untuk pasien berbagai usia. Namun, proses penyembuhan metode sirkumsisi ini cukup lama, sehingga juga membutuhkan perawatan yang lebih teliti selama pemulihan di rumah. 
 
Kini telah berkembang metode-metode khitan modern yang proses penyembuhannya lebih cepat. Dinukil dari klikdikter.com, ada 3 pilihan metode sunat modern yang minim rasa sakit dan cepat sembuh:


1. Metode Laser (Electrical Cauter)

Metode khitan ini menggunakan pemanas elektrik yang bagian ujungnya diarahkan untuk memotong kulup atau kulit yang menutupi kepala penis. 
 
Metode laser saat ini banyak dipilih, salah satunya karena proses tindakannya lebih cepat dibandingkan metode lainnya.
 
Minim jahitan dan perdarahan menjadi keunggulan metode laser. Proses penyembuhannya lebih cepat dan perawatannya lebih sederhana dibanding sirkumsisi konvesional.
 
Sementara kekurangannya adalah, kepala penis berisiko terpotong.


2. Metode Klem

Metode klem dilakukan dengan memasang alat klem di batang penis. Kemudian, kulup dipotong menggunakan pisau bedah. Klem akan terpasang pada penis hingga luka mengering.
 
Keunggulan metode khitan dengan klem adalah tidak menggunakan jahitan serta minim perdarahan. Proses penyembuhan bekas sunat berlangsung cepat dan minim rasa nyeri.

Sementara kekurangan metode sunat ini adalah biayanya yang mahal, serta ada risiko klem menggantung di penis.
 

3. Metode Stapler

Khitan metode stapler biasanya dilakukan pada pria usia remaja dan dewasa. Metode stapler merupakan penggabungan metode potong serta jahit dengan alat stapler berbentuk lonceng pada bagian dalam untuk melindungi kepala penis. Kemudian terdapat lonceng lain di luar yang punya pisau bundar untuk memotong kulup.
 
Keunggulan metode ini adalah jahitan yang lebih kuat dan minim perdarahan. Seperti metode klem, biaya tindakan metode stapler terbilang mahal. Kekurangan lainnya pada metode stapler juga alat berisiko menggantung di kepala penis.


Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, khitan memang sangat bermanfaat dari segi kesehatan. Setelah dikhitan, kemaluan pria menjadi lebih bersih dan mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih.
 
Untuk mendapatkan manfaat dari tindakan sunat, setiap prosedurnya harus dilakukan dengan benar. Karena itu jika ingin mengkhitankan anak, orangtua harus memilih fasilitas kesehatan resmi yang menyediakan layanan khitan.



(sumber: artikel www.insiden24.com dipublish ulang oleh www.khitanan.id #edited)



Berikan Komentar Via Facebook