3 Masalah Kesehatan Anak yang Rentan Muncul Saat Mudik Lebaran 2023
3 Masalah Kesehatan Anak yang Rentan Muncul Saat Mudik Lebaran 2023
Selasa, 11 April 2023 15:01 WIB | 586 views
Mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga menjadi hal yang menyenangkan dan paling ditunggu-tunggu. Kendati demikian, pulang kampung juga jadi tantangan tersendiri, terutama bagi Anda yang mebawa balita.

Perubahan rutinitas selama perjanan mudik membuat si kecil butuh menyesuaikan diri. Hal ini tak jarang membuat kondisi kesehatan anak rentan terserang penyakit. 


Berikut ini 3 masalah kesehatan anak yang rentan muncul saat mudik dan cara mengantisipasinya:

1. Diare

Masalah pencernaan ini umum terjadi pada anak selama perjalanan. Biasanya, diare disebabkan oleh bakteri atau kuman yang masuk ke perut anak, melalui makanan atau air yang terkontamiasi. 

Nah, supaya anak tak mudah terserang bakteri atau virus, pastikan Anda membawa persediaan asupan dari rumah yang terjamin kebersihan serta kesehatannya. Hindari memberi anak makanan atau minuman yang dibeli dari luar karena belum terjamin kebersihannya.


2. Gatal-gatal

Pernahkah si kecil  mendadak alergi dan gatal-gatal saat pindah ke tempat baru? Kondisi ini umumnya disebabkan oleh udara dan tempat yang kotor terpapar debu dan bakteri.

Pada dasarnya, anak memiliki kulit lebih tipis dengan imunitas yang belum berkembang sempurna sehingga rentan terhadap berbagai gangguan alergi. 

Adapun cara mengantisipasi gatal-gatal, Anda bisa melindungi kulit si kecil dengan baju panjang. Hindari lingkungan yang kotor berdebu untuk meminimalisir paparan bakteri ke kulit.


3. Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan disebabkan oleh konflik antara mata dan telinga. Telinga bagian dalam mendeteksi gerakan tetapi mata fokus pada kendaraan. 

Sinyal campuran yang masuk ke otak ini menyebabkan mual, pusing, muntah, pucat hingga keringat dingin. Kendati demikian, mabuk perjalanan pada anak bisa diantisipasi dengan beberapa cara.

Sebelum bepergian, berikan anak makanan ringan atau camilan karena mabuk perjalanan menjadi lebih buruk saat perut kosong. Saat perjalanan, biarkan jendela sedikit terbuka untuk memungkinkan udara segar bersirkulasi.


Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat bagi Anda yang berencana mudik membawa anak untuk merayakan lebaran 2023 dan tahun-tahun yang akan datang di kampung halaman.


Berikan Komentar Via Facebook