10 Cara Tingkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil
10 Cara Tingkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil
Jum'at, 29 Juli 2022 11:40 WIB | 1.633 views

"Sejumlah wanita akan hamil dalam tahun pertama. Tapi dengan catatan, Ayah dan Bunda dalam keadaan sehat dan melakukan seks secara rutin tanpa kontrasepsi."
-Amelia McLennan, MD., (dokter spesialis ibu dan bayi di UC Davis Medical Center)

Nah supaya cepat hamil, Bunda harus melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kesuburan, di antaranya:

1. Kurangi kafein
Mengonsumsi kafein secara berlebih juga bisa mengakibatkan berbagai masalah pencernaan. Pasalnya, kafein dapat meningkatkan jumlah asam di perut, sehingga bisa menyebabkan mulas atau sakit perut, terutama pada orang yang sudah memiliki penyakit asam lambung atau tukak lambung sebelumnya.

2. Hindari lemak trans
Lemak trans adalah salah satu jenis lemak jenuh. Lemak ini secara alami dapat ditemukan dalam jumlah kecil pada daging sapi, kambing, dan produk dairy, seperti susu atau keju.

3. Hindari stres
Penyebab stres belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor risiko yang dapat menimbulkan stres, yaitu:

  • Keluarga yang tidak harmonis

  • Peristiwa yang membuat trauma

  • Penyakit berjangka lama (kronis)

  • Kesenjangan ekonomi

  • Lingkungan yang tidak aman, seperti area konflik

  • Beban pekerjaan

  • Kejadian buruk, seperti perceraian atau PHK


4. Kurangi dan seleksi karbohidrat yang tepat
“Secara keseluruhan, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat memberikan segudang manfaat. Salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat tubuh tetap ideal. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan. Misalnya seperti kentang, pisang, oatmeal, nasi merah, hingga ubi jalar.”

5. Konsumsi multivitamin
Jika upaya untuk mencukupi asupan nutrisi dan vitamin sudah Anda coba namun tetap tidak membuahkan hasil, konsultasikanlah lebih lanjut dengan dokter kandungan. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menentukan apa penyebab Anda sulit hamil dan memberikan pengobatan yang sesuai.

6. Konsumsi makanan kaya antioksidan
Konsumsi makanan tinggi antioksidan merupakan cara alami untuk memenuhi asupan antioksidan bagi tubuh. Antioksidan berperan penting dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit.

7. Pilih produk susu tinggi lemak
Konsumsi produk susu juga merupakan bentuk ikhtiar untuk program hamil. Namun pintar-pintarlah memilih produk susu yang akan dikonsumsi. Usahakan lihat kandungan apa saja yang terkandung dalam komposisi produk susu tersebut ya Bun.

8. Makan lebih banyak serat
Dengan mengonsumsi makanan kaya serat, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit, karena serat mampu melancarkan pencernaan. ntuk mendapatkan serat yang cukup, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan berserat yang baik untuk kesehatan kamu berikut.

  • Jagung

  • Alpukat

  • Kacang-kacangan

  • Brokoli

  • Tomat

  • Beras merah


9. Aktif bergerak ya Bun
Selain baik untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga penting dilakukan jika Anda ingin memiliki momongan. Berbagai studi menunjukkan bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan kesuburan, melancarkan proses ovulasi dan menstruasi, serta mempersiapkan tubuh Anda untuk menyambut kehamilan dan persalinan nantinya.

10. Ganti sumber protein
Protein membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak serta mendorong produksi asam amino. Asam amino merupakan pendukung pertumbuhan sel tubuh ibu dan janin.
Asupan makanan yang mengandung protein bisa diperoleh dari makanan laut (seafood), telur, tahu, tempe, susu, keju, yoghurt, daging, dan kacang-kacangan, seperti kacang kedelai.

Selain berdoa kepada Yang Maha Kuasa, kita pun harus berikhtiar atau berusaha dengan memiliki pola hidup sehat agar keinginan kita segera diberi momongan bisa Allah dipermudah, inSyaa Allah. Aamiin..



Sumber: haibunda.com, alodokter.com, halodoc.com (edited)



Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan