Mengenalkan Pendidikan Seks untuk Anak Sesuai Usia
Mengenalkan Pendidikan Seks untuk Anak Sesuai Usia
Selasa, 24 Januari 2023 13:43 WIB | 99 views

Membicarakan seks dengan anak? Amat menggelisahkan hati sebagai orang tua. Orang tua masih beranggapan pendidikan seks adalah hal yang tabu untuk dibicarakan dan lebih baik menghindari pembicaraan tersebut. Karena orang tua masih beranggapan dengan membicarakan seks seakan-akan orang tua mengajak atau ingin anak-anak melakukannya.

Pendidikan seks dengan anak sejak dini adalah penting dalam tumbuh kembang anak, serta termasuk di dalamnya menjawab pertanyaan anak-anak secara jujur, dengan mempertimbangkan kematangan dalam usianya ketika mengajukan pertanyaan seputar seks. Dan ini merupakan strategi yang sangat baik. Pengertian anak mengenai seks dapat dibagi menjadi beberapa tahap, sehingga membicarakan seks dengan anak harus disesuaikan dengan tahapan-tahapan tersebut.


Pendidikan seks untuk anak sesuai perkembangannya

  • Usia 2-3 tahun

Mulai dengan menamakan bagian kelamin dengan benar, seperti "penis" dan "vagina". Menggunakan nama lain atau julukan akan membingungkan mereka.

  • Usia 3-4 tahun

Anak mulai mempertanyakan dari mana bayi berasal, jawablah dengan sederhana sesuai dengan usia mereka. "Bunda punya rahim di dalam perut, di dalam rahim kamu hidup dan membesar hingga akhirnya siap untuk dilahirkan ke dunia".

  • Usia 5-6 tahun

Penjelasan yang lebih detail tentang bagaimana bayi dibuat. "Bagian sel Ayah yang terkecil, sperma bertemu dengan bagian sel Bunda yang terkecil, sel telur. Mulai dari pertemuan itulah terbentuk kamu di dalam rahim Bunda".

  • Usia 6-7 tahun

Mulai memberikan pengertian dasar dalam hubungan seks dan jelaskan juga pada anak apa yang Anda pikirkan mengenai seks dan hubungan

  • Usia 8-9 tahun

Jelaskan kepada anak mengenai pentingnya seks, mereka pun sudah bisa menerima penjelasan dasar dalam segala topik, termasuk pelecehan.

  • Usia 9-11 tahun

Memasuki masa puber, mereka telah siap untuk membicarakan seks dan topik terkait lainnya yang telah mereka lihat dan dengar melalui media sosial, televisi, atau radio.

  • Usia 12 tahun

Anak mulai sering menanyakan dan membicarakan apa yang mereka ingin tahu. Jangan melebih-lebihkan penjelasan dan meluapkan kekhawatiran Anda. Karena dapat membuat mereka tidak terbuka untuk bercerita lagi.


Membicarakan seks kepada anak seringkali dinilai sesuatu hal yang 'tabu' untuk dibicarakan. Padahal mengajarkan pendidikan seks kepada anak sejak dini adalah sebuah hal yang penting agar kelak si kecil terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, perlu diingat, cara penyampaian dan hal-hal yang perlu disampaikan tetap harus disesuaikan dengan usia anak ya.



(sumber: id.theasianparent.com #edited)



Berikan Komentar Via Facebook