Informasi Penting untuk Orang Tua Mengenai Anak dengan Kepribadian Ganda
Informasi Penting untuk Orang Tua Mengenai Anak dengan Kepribadian Ganda
Selasa, 28 November 2023 11:03 WIB | 54 views

Sebagai orang tua, kita selalu berharap yang terbaik untuk perkembangan anak, termasuk kesehatan fisik dan pembentukan karakter yang positif dalam kehidupan sehari-hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa anak-anak pada usia dini juga dapat mengalami masalah psikologis, seperti kepribadian ganda, seperti yang dijelaskan dalam artikel Psychology Today.
 

  • Apa itu kepribadian ganda?


Kepribadian ganda adalah kondisi di mana seseorang memiliki 2 atau lebih kepribadian, dengan 1 kepribadian dominan yang mengendalikan kejiwaannya. Dalam ranah psikologi, hal ini dikenal sebagai gangguan disosiatif identitas, di mana seseorang kesulitan mengontrol diri, sering kehilangan ingatan, dan mengalami kesulitan mengaitkan dirinya dengan tindakan tertentu.
 

  • Ciri-ciri kepribadian ganda


Anak dengan kepribadian ganda memiliki ciri-ciri khas yang mempengaruhi interaksi mereka dalam lingkungan sosial. Mereka dapat mengalami perubahan emosi dan perilaku yang cepat, terlihat berbeda dalam situasi tertentu, dan sering kali dianggap memiliki kasus "kerasukan" oleh orang lain. Kehilangan kontrol diri, perubahan perilaku drastis, kehilangan ingatan, kesulitan membuat presepsi, dan kesulitan mengontrol motorik adalah beberapa ciri lainnya.
 

  • Penyebab kepribadian ganda


Meskipun belum pasti, para ahli medis dan psikologi menduga bahwa trauma emosional, kekerasan fisik, dan pelecehan seksual dapat menjadi penyebab munculnya kepribadian ganda. Anak mungkin menciptakan kepribadian tambahan untuk melindungi diri dari pengalaman traumatis yang parah.
 

  • Hubungan kepribadian ganda dan amnesia


Dilansir dari laman HaiBunda, kepribadian ganda umumnya bermula dari trauma pada anak, yang dapat menunjukkan gejala depresi atau stres berlebihan. Anak mungkin mengalami amnesia sebagai respons terhadap trauma, menciptakan kepribadian baru di luar kesadarannya. Hal ini dapat menyebabkan perubahan perilaku yang tidak disadari, dan kepribadian baru tersebut mungkin mencerminkan aspek negatif dan merusak secara psikologis.
 

  • Pentingnya peran orang tua


Untuk mencegah anak membangun kepribadian ganda, penting bagi orang tua untuk fokus pada pembentukan karakter anak melalui menciptakan lingkungan keluarga dan sosial yang positif. Dengan memberikan perhatian yang tepat terhadap proses pembentukan karakter, diharapkan anak dapat tumbuh dengan kesehatan mental yang baik.

Dengan pemahaman lebih lanjut mengenai kepribadian ganda, diharapkan orang tua dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan usia anak di rumah.


(Foto/Gambar: Ilustrasi Dua Kepribadian Dalam Satu Orang/Dumitru Ochievschi-iStockphoto)



Berikan Komentar Via Facebook