Anak yang Sering Makan Ikan Memiliki IQ Lebih Tinggi
Anak yang Sering Makan Ikan Memiliki IQ Lebih Tinggi
Jum'at, 07 Juli 2023 14:15 WIB | 162 views

Biasanya orang tua akan memberikan berbagai macam asupan pada Si Kecil agar anak cerdas. Namun, benarkah rajin memberikan anak makan ikan dapat meningkatkan kecerdasan dan IQ nya?

Dilansir dari HaiBunda, Intelligence Quotient (IQ) adalah angka yang mengukur kecerdasan individu berdasarkan kinerja tes mereka di bidang pemahaman verbal, penalaran perseptual, memori, dan kecepatan pemrosesan.

Anak yang memiliki IQ yang lebih tinggi cenderung memiliki kemampuan untuk membuat terobosan baru, menjadi kreatif, dan menggunakan kecerdasan mereka secara produktif bahkan dapat mengubah dunia.

Banyak makanan yang dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan anak. Namun, benarkah ikan termasuk ke dalamnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini!


Hubungan ikan dengan tingkat IQ anak

Asupan protein hewani sangat berpengaruh dalam kecerdasan pada anak. Salah satu protein hewani yang dapat meningkatkan IQ adalah ikan.

Hal ini turut diungkapkan oleh Guru Besar Pangan dan Gizi Institute Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ali Khomsan, MA. Ia menjelaskan sebuah penelitian menyebut anak yang makan ikan memiliki IQ yang lebih tinggi daripada anak yang jarang diberikan ikan.

"Ini adalah pangan lokal yang juga harus digalakkan di posyandu. Kita mengenal belut, ikan mas, ikan tongkol, ikan bandeng. Semua itu bagus untuk kita," katanya dalam acara 'Seminar Gizi Pencegahan Stunting Jelang Peringatan Hari Keluarga Nasional 2023 oleh Nestle Dancow FortiGro' di Auditorium Pemerintahn Banyuasin, Selasa (4/7/2023).

"Jadi ini ada penelitian, mereka yang rajin makan ikan ternyata memiliki IQ yang lebih tinggi daripada yang dibatasi makan ikan " sambungnya.

Lebih lanjut, Ali juga mengungkapkan bahwa orang tua yang kerap memberikan ikan pada anaknya bertujuan untuk menyiapkan generasi cerdas.

"Jadi kalau ibu nyuruh anaknya makan ikan, itu sebenarnya menyiapkan dirinya menghasilkan generasi cerdas," tuturnya.

Ikan tongkol sendiri merupakan ikan laut yang termasuk dalam golongan ikan tuna. Meski baik untuk kecerdasan anak, ikan yang satu ini perlu dihindari oleh ibu yang sedang hamil karena mengandung merkuri.

Selain mencerdaskan dan meningkatkan IQ, ikan juga disebut bisa mencegah anak mengalami stunting.

Menurut Perpres No.72 Tahun 2021, stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.


Dampak stunting pada anak

Menurut Prof. Dr. Ali Khomsan, MA, ada beberapa dampak stunting yang dapat terlihat pada anak. Berikut ini deretannya:

  1. Postur tubuh tidak optimal

  2. Berisiko obesitas

  3. Kapasitas belajar kurang optimal


Semoga informasi yang telah disampaikan bisa bermanfaat ya! (foto/images: children eating fish/iStock)



Berikan Komentar Via Facebook