7 Pertanyaan Penting untuk Ditanyakan saat Melakukan Survei Sekolah Anak, Termasuk Pertanyaan mengenai Bullying
7 Pertanyaan Penting untuk Ditanyakan saat Melakukan Survei Sekolah Anak, Termasuk Pertanyaan mengenai Bullying
Selasa, 31 Oktober 2023 14:13 WIB | 257 views

Saat memilih sekolah untuk anak, tentu ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk melakukan survei terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Selama survei, Anda dapat melihat langsung lingkungan sekolah, berinteraksi dengan calon guru anak, dan mengajukan beberapa pertanyaan penting.

Pastikan Anda memiliki kebebasan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan dan catatlah respons serta jawaban yang diberikan oleh staf dan pengajar saat menanggapi pertanyaan Anda.


7 Hal yang Perlu Diketahui saat Melakukan Survei tentang Sekolah Anak

Ketika Anda melakukan survei tentang sekolah anak Anda, ada beberapa pertanyaan penting yang perlu Anda tanyakan. Berikut ini adalah daftar pertanyaan penting yang Anda bisa pertimbangkan, dilansir dari laman HaiBunda berikut:

1. Bagaimana sekolah menangani kasus bullying?
Dalam konteks meningkatnya kasus bullying di berbagai daerah, tanyakan pada pihak sekolah tentang langkah-langkah yang mereka ambil ketika terjadi intimidasi atau bullying di sekolah. Setiap sekolah mungkin memiliki kebijakan yang berbeda dalam mengatasi masalah ini, jadi penting untuk mendengarkan penjelasan guru dan staf tentang hal ini.

2. Bisakah saya membuat janji untuk bertemu dengan guru?
Sebagai orang tua yang peduli dengan anak Anda, Anda mungkin ingin memiliki kesempatan untuk berbicara langsung dengan guru atau kepala sekolah tentang permasalahan anak Anda. Tanyakan apakah Anda dapat membuat janji untuk berbicara dengan mereka. Jika ada prosedur tertentu yang harus diikuti, pastikan Anda mengetahuinya.

3. Berapa lama Anda telah bekerja di sekolah ini?
Pertanyaan ini dapat memberikan gambaran tentang seberapa berkomitmen guru-guru di sekolah. Guru yang telah lama bekerja di sekolah yang sama mungkin menunjukkan stabilitas.

4. Apa ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah?
Selain pendidikan akademik, kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu anak Anda mengembangkan kemampuan non-akademik. Tanyakan tentang kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia dan jadwalnya, sehingga Anda dapat memastikan bahwa kegiatan tersebut tidak mengganggu waktu belajar.

5. Bagaimana guru akan menangani masalah anak saya?
Guru dan staf di sekolah berperan sebagai pengganti orang tua ketika anak berada di lingkungan sekolah. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka akan menangani masalah jika anak Anda mengalami kesulitan atau masalah.

6. Berapa banyak siswa dalam satu kelas?
Jumlah siswa dalam satu kelas juga penting untuk diketahui. Semakin sedikit jumlah siswa dalam kelas, semakin mudah guru dapat memberikan perhatian individual kepada setiap siswa. Idealnya, satu guru dalam satu kelas sebaiknya tidak mengajar lebih dari 30 siswa, terutama untuk anak-anak yang lebih muda.

7. Apakah anak akan menerima makan siang di sekolah?
Pertanyaan ini mungkin tidak berlaku untuk sekolah negeri, karena kebanyakan sekolah negeri tidak menyediakan makan siang. Namun, jika Anda sedang mengevaluasi sekolah swasta, tanyakan apakah anak akan menerima makan siang dan periksa juga menu makanan yang disediakan. Hal ini akan membantu Anda memantau nutrisi anak Anda.

Semoga informasi yang telah tersampaikan di atas bermanfaat.


(Foto/Gambar: Ilustrasi seorang ayah mengantar anaknya ke sekolah/iStockphoto)



Berikan Komentar Via Facebook