5 Ciri-Ciri Anak yang memiliki Ketangguhan Mental, Apakah Salah Satunya Ada pada Si Kecil?
5 Ciri-Ciri Anak yang memiliki Ketangguhan Mental, Apakah Salah Satunya Ada pada Si Kecil?
Jum'at, 27 Oktober 2023 11:21 WIB | 71 views
Kemampuan fisik yang prima tidak selalu mencerminkan keadaan kesehatan keseluruhan seorang anak. Fisik yang kuat harus diimbangi dengan kekuatan mental yang sebanding. Oleh karena itu, permasalahan psikis pada anak tidak boleh dianggap enteng. Meskipun seorang anak memiliki fisik yang kuat, tidak selalu berarti ia juga memiliki ketangguhan mental yang setara.

Kesehatan mental anak bisa terpengaruh terutama ketika mereka mengalami pengalaman traumatis. Jika tidak dikelola dengan baik, gangguan mental anak dapat menghambat kemampuan mereka dalam berinteraksi sosial dan berdampak pada prestasi akademik mereka.

Sebagaimana dilaporkan oleh CNBC Make It, ketangguhan mental memiliki dampak pada 3 aspek penting dalam kehidupan anak, yaitu cara berpikir, perasaan, dan tindakan mereka. Anak yang dapat berpikir dengan bijak, memiliki kepekaan emosional, dan bertindak dengan keberanian, akan tumbuh dengan ketangguhan mental. Meskipun demikian, ketangguhan mental ini perlu dilatih dengan kesabaran dan pendekatan yang berkelanjutan.


Terdapat beberapa tanda yang dapat mengindikasikan keberadaan ketangguhan mental pada anak dilansir dari laman HaiBunda, sebagai berikut:

1. Pola makan yang sehat

Salah satu tanda anak yang sehat adalah memiliki kebiasaan makan yang baik. Ketika seorang anak sedang dalam tahap pertumbuhan, sel-sel tubuhnya berkembang dengan cepat untuk mengatur perkembangan tersebut. Nutrisi yang mereka konsumsi memainkan peran penting dalam proses ini.


2. Aktif dan bersemangat

Anak-anak secara alami memiliki tingkat energi yang tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini juga menjadi indikator kesehatan anak. Mereka aktif, suka berpartisipasi dalam aktivitas fisik, seperti berlari, berenang, bersepeda, atau melompat, untuk membakar energi yang mereka dapatkan dari makanan. Menurut penelitian di Journal of Pediatrics, aktivitas fisik membantu tubuh anak menyerap nutrisi dengan lebih baik, yang berdampak positif pada pencernaan, kekuatan otot, dan tulang.


3. Penampilan fisik yang sehat

Kondisi penampilan fisik yang bersih dan terjaga juga merupakan tanda kesehatan anak. Ini mencakup kulit yang sehat, rambut yang bebas dari masalah seperti bau atau kutu, kuku yang bersih dan kuat, bibir yang tidak kering, dan lain-lain. Gigi yang sehat dan kuat juga merupakan indikator penting; gigi yang terawat dengan baik menunjukkan bahwa anak menerima asupan nutrisi yang cukup, termasuk kalsium, yang esensial untuk perkembangan tulang dan gigi.


4. Kemampuan beradaptasi

Anak dengan ketangguhan mental mampu beradaptasi dengan perubahan dalam kehidupan mereka. Misalnya, ketika mereka pindah sekolah atau tidak dapat bermain dengan teman-teman mereka karena situasi pandemi, anak dengan ketangguhan mental akan memahami bahwa perubahan dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang.


5. Kemampuan mengakui kesalahan

Anak-anak seringkali cenderung untuk menyembunyikan kesalahan mereka karena takut mendapatkan masalah. Namun, anak dengan ketangguhan mental akan dengan mudah mengakui kesalahan mereka. Ini menunjukkan keberanian anak untuk mengenali kesalahan mereka dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Mereka juga cenderung meminta maaf dan berupaya mencari cara untuk memperbaiki kesalahan tersebut.


Semoga informasi di atas bermanfaat!


(Foto/Gambar: Ilustrasi anak bermain dengan gembira/iStockphoto)


Berikan Komentar Via Facebook